13.3.08

TEKNIK MUNCUL

Teknik muncul (the technique of entrance), yaitu tekniknya seseorang pemain untuk pertama kalinya tampil diatas pentas-pentas dalam satu sandiwara, satu babak, atau satu adegan. Barangkali ia muncul tatkala pemain-pemain yang lain sudah berada di atas pentas dalam satu adegan, barangkali ia muncul tepat waktu layar dibuka dan ia sudah ada di pentas, barangkali ia muncul seorang diri di atas pentas sebagai pembuka adegan pertama, barangkali ia baru muncul setelah babak kedua, pendeknya bagaimana ia mulai kelihatan di atas pentas, itulah yang disebut teknik muncul.


Teknik muncul itu penting artinya karena ia dilakukan dalam rangka menerbitkan kesan pertama penonton terhadap sang peran (watak yang dimainkan).

Munculnya seorang pemain akan berkesan dalam apabila ia melakukan jedah sesudah ia muncul. Penontong akan bisa lebih mengamatinya apabila pemain itu dalm keadaan tidak bergerak. Dan kehadirannya itu akan menimbulkan kesan kepada para penonton. Jedah semacam itu cukup sua tiga kejap saja. Selanjutnya ia boleh melanjutkan kegiatannya.

Demikian setelah munculnya sang pemain mendapatkan perhatian dari penonton, maka segera ia harus menjelaskan gambaran watak peran yang dimainkannya. Tentu saja ia tidak bisa memberikan gambaran watak itu dengan lengkap sekaligus untuk hal itu diperlukan perkembangan yang meyakinkan. Namun, bagaimana pun juga, sejak mulai dari detik pertama kemunculannya, ia harus berusaha mengesankan saran berupa garis-garis permulaan dari gambaran watak yang diperlukannya.

Seringkali kemunculannya seorang pemain, disampin g memberi gambaran watak yang diperankannya; diharuskan pula memberikan gambaran suasana perasaan perannya sebelum ia muncul dipanggung (off-stage mood) dan tentunya harus dapat menyesuaikan dengan perkembangan cerita.

Tidak ada komentar: